Makanan Pilihan Untuk Asam Urat dan Rematik

Asam urat dan rematik atau penyakit gout merupakan jenis radang sendi yang secara ilmu kesehatan bisa dikurangi dan diringankan dengan membatasi dan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu, penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat tradisional asam urat. Sebenarnya para pengidap penyakit asam urat dan rematik ini sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, rendah lemak dan protein dengan kadar sedang. Pola makan tersebut bukan sebagai sarana pengobatan namun digunakan untuk mengurangi gejalanaya.

Asam urat, rematik dan purin

obat tradisional asam uratAsam urat dan rematik menyebabkan rasa nyerri dan pembengkakan pada sendi terlebih pada jempol kaki. Peradangan tersebut disebabkan oleh menumpuknya kristal berjenis natrium urat sebagai limbah alami tubuh.

Asam urat juga merupakan hasil dari pecahnya zat purin yang berada didalam tubuh. Purin adalah sebuah zat alami yang berada didalam tubuh yang bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan. Makanan memiliki kandungan zat purin dengan kadar tinggi dan memicu tubuh untuk menghasilkan banyak asam urat berlebih. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya maka hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi.

Saran makanan untuk dibatasi

Untuk memperlancar sekresi purin serta membatasi makanan dan minuman yang mengandung banyak zat purin untuk menangani rematik dan asam urat maka perhatikan makanan dan minuman berikut untuk dibatasi konsumsinya:

  1. Boga bahari sejenis udang dan kepiting
  2. Minuman keras
  3. Jeroan seperti jantung, ginjal, otak dan hati
  4. Daging merah seperti daging bebek, kambing dan sapi
  5. Ikan makarel, tuna dan sarden
  6. Makanan manis dan minuman ringan dengan kadar gula tinggi
  7. Makanan dan mengandung ragi
  8. Sayuran seperti kacang merah, kacang panjang, kacang polong, bayam, kembang kol dan jamur

Saran makanan untuk dikonsumsi

Inilah jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi mendampingi obat asam urat dalam upaya pengobatannya:

  1. Sayuran hijau, tomat dan wotel
  2. Buah-buahan
  3. Air mineral yang cukup
  4. Karbohidrat kompleks seperti beras merah dan kentang
  5. Makanan yang memiliki kandungan gandum
  6. Susu serta yoghurt dengan lemak yang rendah atau tanpa lemak dan mengandung kadar purin rendah serta tinggi protein.

Selain membatasi dan memperbanyak konsumsi jenis makanan tertentu untuk mendampingi obat asam urat , sangat penting pula untuk membiasakan diri dalam olahraga. Hal tersebut untuk menghindari obesitas yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit asam urat dan rematik. Untuk memberikan obat asam urat gunakanlah  obat tradisional asam urat terlebih dahulu.

Obat tradisional asam urat bisa anda dapatkan dari bahan-bahan tanaman alami. Sebagai obat asam urat alami namun bahan alami tersebut tidak kalah khasiatnya dengan bahan kimia karena umumnya bahan kimia juga memiliki kandungan bahan alami. Jaga pola makan dan pola hidup sehat anda agar selalu sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *